Vendor Android Mulai Lirik Ubuntu



Jakarta - Ponsel berbasis sistem operasi Ubuntu bakal menyesaki pasar ponsel tahun ini. Pasalnya, banyak vendor Android yang ingin mengarap ponsel Ubuntu.

Demikian pernyataan CEO Canonical Jane Silber saat berbincang dengan The Register baru-baru ini. Dikatakannya, banyak produsen yang mendukung kehadiran platfrom mobile lain untuk disematkan pada ponsel mereka.

"Begitu banyak ketertarikan dari para vendor kepada platfrom lain, termasuk Ubuntu," ujar Silber seperti dikutip dari Mobile World Live, Rabu (10/2/2016).

Silber pun optimistis akhir tahun ini akan banyak ponsel Ubuntu di pasaran. Keyakinan tersebut berdasarkan banyaknya vendor yang mencari platform lain agar tidak bergantung pada Google.

"Kami menawarkan visi yang berbeda, lebih jauh ke konvergensi," kata Silber.

Sejak merilis versi mobile, sejauh ini hanya ada dua vendor yang mengarap ponsel berbasis Ubuntu. Mereka adalah Meizu dan BQ.

Keduanya sebenarnya tidak menghadirkan khusus ponsel Ubuntu. Tapi merilis ponsel yang memiliki dua varian sistem operasi, Android dan Ubuntu.

Berpartner dengan BQ, Canonical merilis tablet berbasis Ubuntu pada minggu lalu. Tablet ini menawarkan spesifikasi mumpuni dengan kemampuan untuk diubah menjadi sebuah desktop.

Pengguna cukup mengoneksikan tablet bernama Aquarius M10 ini ke keyboard dan mouse secara wireless. Lalu menghubungkan tablet ke layar monitor, sebuah desktop Ubuntu pun siap digunakan.

Rencananya Canonical akan merilis tabletnya itu pada kuartal ke dua tahun ini. Belum ada informasi berapa harga tablet ini kala dipasarkan nantinya. (afr/ash)

Sumber : detik.com

Share this

Related Posts

First